Penanaman Pohon Serentak Sukseskan FOLU Net Sink 2030

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau, H. Roni Fauzan, SE, M.Si turut berpartisipasi dalam kegiatan Penamaan Pohon Serentak untuk Kalimantan Barat Teduh, Hijau dan Lestari Dalam Rangka Pemulihan Hutan dan Lahan sebagai Upaya Mendukung FOLU Net Sink 2030 di Taman Sabang Merah, Sanggau (19/07).

Istilah FOLU Net Sink belakangan ini dipopulerkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dalam cuitannya tentang deforestasi dan pembangunan, yakni FOLU Net Sink 2030. Apa itu FOLU Net Sink?

FOLU adalah singkatan Forest and Other Land Uses atau pemanfaatan hutan dan penggunaan lahan. Dalam dokumen penurunan emisi atau Nationally Determined Contribution (NDC), FOLU menjadi satu dari lima sektor program mitigasi krisis iklim.

Jadi apa itu FOLU net sink atau lengkapnya FOLU carbon net sink? Carbon net sink adalah penyerapan karbon bersih yang merujuk pada jumlah penyerapan emisi karbon yang jauh lebih banyak dari yang dilepaskannya. Maka FOLU net sink adalah keadaan ketika sektor lahan dan hutan menyerap lebih banyak karbon daripada yang dilepaskannya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis