SIPEWIRA

(Sistem Informasi Pelatihan Wirausaha)

SIPEWIRA merupakan sarana bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja menu minat wirausaha sehingga bisa mengetahui secara pasti pelatihan apa yang diminati dan ingin dikembangkan. Berikut ini penjabaran minat usaha yang disediakan oleh Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau, bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (LKI) Entikong.

  1. Teknik Informasi dan Komunikasi

Pelatihan Operator Komputer adalah salah satu Pelatihan Berbasis Kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK). Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan peserta pelatihan agar dapat memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perangkat komputer. Pada Kejuruan Operator Komputer materi yang diajarkan adalah seputar Office Tool (Operator Komputer) terutama pada program Microsoft Office, karena keahlian ini sangat banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

https://lkientikong-disnakertrans.kalbarprov.go.id/program-pelatihan-kompetensi/profil-kejuruan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/

  1. Teknik Las

Pengelasan adalah proses penyambungan dua logam atau lebih menggunakan bahan tambah dengan proses panas. Standar pengelasan yang digunakan yaitu AWS (American Welding Standart). Proses pengelasan yang dipelajari yaitu SMAW (Shield Metall Arc Welding) dengan posisi di bawah tangan.

https://lkientikong-disnakertrans.kalbarprov.go.id/program-pelatihan-kompetensi/profil-kejuruan-las/

  1. Teknik Listrik

Instalasi listrik adalah suatu proses pemasangan atau peletakan komponen listrik dalam jaringan kelistrikan. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta kompeten melakukan pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana sesuai denga standar prosedur kerja.

https://lkientikong-disnakertrans.kalbarprov.go.id/program-pelatihan-kompetensi/profil-kejuruan-teknik-listrik/

  1. Teknik Otomotif

Teknik Otomotif, dalam hal ini bidang Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada bidang studi keahlian teknologi dan rekayasa Program studi keahlian teknik otomotif yang menekankan pada keterampilam pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi keahlian teknik sepeda motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instasi atau usaha.

https://lkientikong-disnakertrans.kalbarprov.go.id/program-pelatihan-kompetensi/profil-kejuruan-teknik-otomotif/

  1. Menjahit Pakaian

Menjahit pakaian menjadi salah satu pelatihan yang paling banyak diminati terutama oleh kaum perempuan. Apalagi saat ini perkembangan mode semakin pesat tentu meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk tekstil. Untuk itu pelatihan menjahit pakaian dasar diharapkan mampu mempersiapkan peserta pelatihan dalam membuka peluang usaha sendiri maupun kerja di bidang industri tekstil.

  1. Tata Kecantikan Rambut dan Wajah

Tata rias wajah merupakan ilmu yang mempelajari tentang keahlian seni merias wajah untuk menampilkan kecantikan diri sendiri atau orang lain menggunakan kosmetik yang dapat menutupi atau menyamarkan kekurangan yang ada pada wajah serta dapat menonjolkan kelebihan pada wajah sehingga tercapai kecantikan wajah yang sempurna. Sedangkan tata rias rambut dapat diartikan tata rias yang bertujuan membuat penampilan rambut selalu rapi dan menarik.

  1. Membatik

Pelatihan membatik merupakan pelatihan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk melestarikan salah satu kebudayaan bangsa. Industri batik telah berkembang dengan pesat dan diakui oleh dunia sebagai produk unggulan Indonesia. Batik telah menjadi tren, di mana seseorang tidak lagi sungkan menggunakan batik di berbagai momen, bukan hanya pada saat acara resmi saja. Belakangan ini pun telah hadir batik Samer (Sabang Merah) sebagai kain batik khas Kabupaten Sanggau.
  1. Servis Handphone

Pada era sekarang ini, handphone telah menjadi kebutuhan dalam komunikasi sehari-hari. Seiiring dengan meningkatnya penggunaan handphone tentu menimbulkan berbagai permasalahan terkait pengoperasian handphone itu sendiri. Terutama jika ada kerusakan, maka perbaikan handphone sangat diperlukan. Untuk itu ilmu tentang perbaikan atau servis  handphone menjadi penting. Seorang teknisi servis handphone harus menguasai komponen software dan hardware perangkat handphone, karena kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

  1. Service Air Conditioner (AC)

Pelatihan service bertujuan melatih para calon teknisi agar memiliki pengetahuan tentang konstruksi, komponen, dan prinsip kerja dari sistem pendingin (AC) beserta cara pemeliharaan dan perawatan, pemeriksaan dan penggantian beberapa komponennya yang sesuai dengan prosedur yang benar sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan kerja.

  1. Manajemen Kewirausahaan

Manajemen Kewirausahaan adalah pendayagunaan potensi ekonomis secara kreatif, inovatif dan dengan keberanian menghadapi resiko untuk mendapatkan laba. Adapun fungsi-fungsi yang terdapat dalam manajemen kewirausahaan yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), penilaian (evaluating), motivasi (motivating), dan pembaruan (innovating).

SYARAT PESERTA

  1. Laki-laki atau Perempuan usia 18-35 tahun
  2. Belum memiliki pekerjaan tetap, tidak sekolah/kuliah/kursus
  3. Sehat jasmani dan rohani, bisa membacaa dan menulis
  4. Pendidikan SMA/sederajat untuk Jurusan Komputer
  5. Belum pernah mengikuti pelatihan kerja
  6. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan mengikuti Pelatihan setelah diterima sebagai peserta

SYARAT PENDAFTARAN

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Melampirkan Fotokopi KTP/Surat Keterangan Domisili (harus dicantumkan NIK)
  3. Melampirkan Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  4. Melampirkan pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar
  5. Melampirkan Fotokopi Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu BPJS Kesehatan
  6. Melampirkan Fotokopi Kartu Anggota Program Keluarga Harapan jika ada
  7. Melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  8. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna untuk Kompetensi Otomotif dan Kelistrikan
  9. Melampirkan Fotokopi Buku Rekening Bank Kalbar jika ada

TEMPAT PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di Kantor UPT Latihan Kerja Industri Entikong atau Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau, tergantung peminatan pelatihan.
  2. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui website http://lkientikong-disnakertrans.kalbarprov.go.id/aplikasi/ atau website disnakertrans.sanggau.go.id
  3. Formulir pendaftaran dapat diambil di kantor UPT Latihan Kerja Industri Entikong atau Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau.
  4. Berkas juga dapat dikirim melalui jasa pengiriman dokumen resmi.

 

BIAYA PENDAFTARAN DAN PELATIHAN

Pendaftaran peserta dan pelatihan tidak dipungut biaya/GRATIS.

 

PROSES SELEKSI

Seleksi administrasi dan Seleksi Wawancara

Jika Anda sudah memutuskan ingin mengikuti suatu pelatihan yang tersedia, maka silahkan klik SIMIRA untuk pendaftaran.

Mau tahu menu pelatihan kewirausahaan secara nasional?

Kunjungi https://pelatihan.kemnaker.go.id/

Atau ingin mengikuti pelatihan di sekitar Kalimantan Barat?

Kunjungi http://lkientikong-disnakertrans.kalbarprov.go.id/