DONOR DARAH DI NAKERTRANS SANGGAU

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau bertandang ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau pada Kamis (13/08). Dalam kesempatan tersebut, diadakan kegiatan Aksi Donor Darah Sukarela. Hal ini terkait permintaan dari Ibu Yohana Kusbariah Ontot selaku Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Sanggau untuk memenuhi kebutuhan stok darah di masa pandemi Covid-19 guna diteruskan kepada pasien yang membutuhkan. Drs. Paulus Usrin selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau menyambut baik petugas yang hadir serta mengerahkan para ASN di lingkungan kantor dinas tersebut.

Cek Kondisi Calon Pendonor Darah

Sebelum para calon pendonor mendonorkan darahnya, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaann antara lain pengukuran berat badan, tekanan darah, uji hemoglobin dan uji golongan darah. Menurut petugas PMI Kab. Sanggau, syarat pendonor yang diterima darahnya yakni sebagai berikut.

  1. Berat badan minimal 45 kg.
  2. Tidak sedang hamil dan menyusui.
  3. Tekanan darah minimal 100/70 mmHg
  4. Hemoglobin minimal 12 gram. Tetesan darah diuji dengan suatu reagen. Apabila tetesan darah calon pendonor mengapung, maka tidak memenuhi syarat untuk menjadi pendonor.
  5. Usia pendonor di bawah 50 tahun. Calon pendonor di atas 50 tahun diperbolehkan ikut donor darah jika dia sudah pernah mendonorkan darahnya.
  6. Tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan.
Para Sukarelawan Aksi Donor Darah

Dari sekian pegawai di lingkungan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sanggau, hanya diperoleh 3 (tiga) kantong darah. “Saya ucapkan terima kasih kepada pihak PMI Kabupaten Sanggau yang telah datang ke sini. Dan tentu dapat dikatakan bahwa staf kami di sini tidak banyak, banyak pula yang tidak memenuhi syarat (untuk menjadi pendonor). Ada pula yang sedang dalam perjalan dinas. Mudah-mudahan nanti dalam tiga bulan ke depan, kita bisa mengingatkan lagi untuk meminta ikut donor darah.” Demikian penjelasan Kepala Dinas kepada salah satu petugas PMI Kabupaten Sanggau.

Posted in Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *